Welcome

Selamat datang di Blog gw! Jika ada saran or kritik silahkan beri komentar diblog gw... =)

Photo Biodiesel

Photo Biodiesel

Senin, 08 September 2008

BioDiesel Minyak Jelantah (2)

Cara Pembuatan BioDiesel Minyak Jelantah.

Untuk tahap awal, saya akan jelaskan bagaimana proses pembuatan batch kecil (5 liter).

Alat dan Bahan.
a. Material/Bahan
- Minyak Jelantah (5 liter)
- Methanol 1.25 liter
- KOH 30 gram.
- Air biasa (jangan air PAM) 1.25 liter.

b. Alat2
- Mixer/Pengaduk.
- Wadah (Panci) ukuran 15 liter.
- Penyaring Minyak Jelantah.
- Wadah ukuran 3 liter plus tutup/ teko ukuran 2 liter plus penutup.
- Pemanas (kompor).
- Thermometer.
- Wadah ukuran 10 liter (2 pcs).


Tahap Pembuatan.

1. Siapkan Material/Bahan2 diatas.
Khusus Minyak Jelantah, minyak harus sudah disaring dan dibebaskan dari air. Cara penghilangan air, minyak dapat dipanaskan sampai 120 derajat Celcius ditahan selama 5 menit.

2. Buat Larutan Lye, yaitu campuran antara Methanol dengan KOH.
Larutkan KOH didalam Methanol. Caranya: tuangkan Methanol ke dalam panci/wadah ukuran 3 liter, kemudian masukan KOH sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer. Pastikan KOH telah larut semua di dalam Methanol. Simpan campuran ini disuatu tempat tertutup agar larutan tidak mudah menguap (methanol mudah menguap).

3. Siapkan Minyak Jelantah (5 liter) yg telah bebas dari kotoran dan air, masukkan ke dalam wadah 15 liter. Panaskan sampai suhu 55 derajat Celcius. Masukkan larutan Lye ke dalam minyak jelantah yang telah dipanaskan tadi, masukkan sedikit demi sedikit cairan Lye sambil minyak jelantah diputar dengan mixer (putaran tidak kencang). Tetap pertahankan suhu minyak jelantah 55 derajat celcius (ini bagian yang cukup sulit), ketika cairan Lye dimasukkan ke dalam minyak jelantah (suhu Lye akan menurunkan drastis suhu dari Minyak jelantah).

4. Setelah larutan sudah semua dimasukkan ke dalam minyak jelantah, pertahankan dua hal yang sangat penting dalam proses ini, yaitu putaran mixer dan suhu campuran 55 derajat celcius. Biarkan larutan diaduk selama kurang lebih 1 jam sambil dipertahankan suhu sebesar 55 derajat Celcius.

5. Setelah 1 jam, tuangkan ke dalam wadah bening (transparan) larutan tadi. Biarkan kurang lebih selama 8 jam. Jika proses reaksi berhasil, anda akan melihat dua jenis cairan yg berbeda di wadah transparan tadi, yaitu biodiesel dan gliserol. Larutan yang atas (kecoklatan) adalah Biodiesel dan yg hitam dibawah adalah gliserol.


Tahap Pencucian.

- bersambung-

1 komentar:

Area right brain mengatakan...

mas dari 5liter minyak jelantah bisa dapat biodiesel berapa liter atau minta konvert sederhana nya aja, trus kira-kira jual biodiesel perliternya berapa?
makasih sebelumnya


email
roudgezt2@gmail.com