Welcome

Selamat datang di Blog gw! Jika ada saran or kritik silahkan beri komentar diblog gw... =)

Photo Biodiesel

Photo Biodiesel

Sabtu, 13 September 2008

BioDiesel Minyak Jelantah (3)

Tahap Pencucian


Pada tahap sebelumnya, telah dilakukan proses utama dari pembuatan Biodiesel. Artinya, Biodiesel yang telah berhasil dibuat sebelumnya sebenarnya sudah boleh dipakai, akan tetapi akan lebih baik jika dilakukan pencucian pada Biodiesel tersebut. Hal ini dikarenakan kadar PH yang terlalu asam dan sisa2 bahan kimia yang gagal bereaksi masih terdapat pada biodiesel tersebut. Dengan pencucian, akan memurnikan kadar dari Biodiesel sehingga aman untuk kendaraan. Anda dapat membandingkan kadar PH antara Biodiesel sebelum dilakukan pencucian dengan setelah dilakukan pencucian dengan menggunakan PH Indicator. Maka akan anda temukan bahwa PH setelah pencucian akan lebih normal (sekitar 6 - 7).

Alat dan Bahan:
1. Wadah ukuran 10 liter (wadah transparan).
2. Mixer
3. Air 1.25 liter (jangan air PAM)

Cara Kerja:
Siapkan biodiesel yang telah selesai dipisahkan dari Gliserol didalam sebuah wadah. Masukan air sebanyak 1.25 liter (tidak dingin tidak panas, suhu kamar). Aduk dengan menggunakan mixer selama kurang lebih 1 menit (perhatian: jangan mengaduk/memutar2 mixer. Masukkan mixer ke dalam wadah, nyalakan dengan posisi mixer diam pada suatu tempat).
Setelah 1 menit, diamkan larutan Biodiesel dengan air tadi selama kurang lebih 4 jam, sehingga biodiesel dengan air kembali berpisah (Warna air akan berubah menjadi putih dan akan sedikit terjadi gumpalan2 putih).
Setelah 4 jam, pisahkan air dengan Biodiesel. Panaskan Biodiesel tadi sampai suhu 120 derajat celcius dan tahan selama kurang lebih 5 menit untuk memastikan air tidak terdapat di dalam Biodiesel. Selama proses pemanasan, aduk2 Biodiesel sambil diangkat ke udara sehingga air mudah untuk menguap.
Setelah proses ini selesai, maka selesai pula rangkaian proses pembuatan Biodiesel ukuran Batch 5 liter.

6 komentar:

bioethanol POWERMAX 115 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
bioethanol POWERMAX 115 mengatakan...

budi,
sudah mulai produksi bioethanol belum ?, pernah dengar product powermax115 ini bioethanol produksi pt wats yang sudah banyak dipakai di otomotive, apa kira2x produk kamu bisa menyamai produk komersial ?
saya ingin tau lebih jauh mengenai bioethanol, karena selama ini saya hanya pemakai dan belum banyak mengetahui efek sampingan terhadap mesin mobil
brgds.jim

mencoba membuat dan mengisi mengatakan...

pa kabar Mas Budi...
msh inget saya..?
saya suka klo ada anak bangsa yg kreatif seperti anda...
artikel versi lengkapnya ada tidak..?

http://henis.blogdetik.com

uwwwow mengatakan...

Assalam. Kang kalau saya mau menanyakan beberapa hal terkait hal ini kira kira bisa ga kang? Minta alamat email atau nomor yang bisa dihubungi bisa kang? 085624141744.
Jzakallah..

zafira fedhila mengatakan...

mas, saya mau buat peneletian ttg biodisel, boleh tanya sama amas ? boleh tau no hp atau emailnya ? 82167301205(fajri) terima kasih mas

rahmatriyanto.com mengatakan...

maaf saya mau tanya yang dimaksud dengan air biasa itu air sumur / bisa air sungai / apa ya? jk menggunakan air PAM apakah tidak bisa jadi? jika tidak memiliki 'air biasa' apakah bisa diganti dengan air lain, misalnya air isi ulang RO / Bio ? terimakasih sebelumnya